Trik Bersihkan Memori RAM di Android Agar Ponsel Lebih Cepat dan Ringan

0
88

Pengguna Android sering mengeluh tentang keterbatasan memori RAM seluler. Ini menjadi kendala ketika mereka perlu menambahkan aplikasi atau perlu menyimpan foto terbaru.

Peringatan Android bahwa penyimpanan media hampir tidak diharapkan. Jadi apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini?

Beberapa pengguna ponsel mungkin kehabisan ruang penyimpanan internal jika mereka ingin menyimpan foto dan sebagainya. Yang lain memilih untuk menggunakan micro SD sebagai alternatif instan untuk menyelesaikan masalah ini.

Berikut adalah sejumlah cara mudah untuk membebaskan penyimpanan internal dan microSD di Android.

1. Bersihkan Cache

Banyak aplikasi Android disimpan atau diupayakan untuk membuatnya lebih mudah ditemukan ketika mereka ingin membuka dan menyimpan data seluler. Namun, aplikasi yang disimpan dalam cache tidak sepenuhnya diperlukan.

Jika pengguna ponsel perlu membersihkan ruang pada ponsel dengan cepat, cache aplikasi adalah ruang pertama yang dipertimbangkan.

Untuk menghapus data yang di-cache dari suatu aplikasi, pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Manajer Aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus. Dalam suatu aplikasi, ketuk menu Aplikasi, ketuk Storage, lalu ketuk Delete Chace untuk menghapus cache aplikasi.

Sementara itu, untuk menghapus data yang di-cache dari semua aplikasi, buka Pengaturan> Penyimpanan dan ketuk data yang di-cache untuk menghapus cache semua aplikasi di ponsel.

2. Hapus Unduhan

Ponsel Android memiliki folder unduhan tempat semua yang diunduh, seperti gambar, video, dokumen, ke file lain disimpan. Kemungkinannya, sebagian besar file dalam folder unduhan bukan file yang ingin Anda lihat secara khusus.

Jumlah unduhan yang tidak perlu adalah salah satu alasan ruang penyimpanan penuh. Dengan demikian, menghapus file yang diunggah adalah salah satu cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Baca Juga:  Cara Membagi File PDF Di Laptop Dan Smartphone

Cara menghapus file yang diunggah adalah dengan membuka file unggahan yang disebut File Saya di ruang aplikasi Anda. Setelah itu, ketuk dan tahan untuk memilih lalu ketuk ikon tempat sampah. Kemudian pilih tombol ketuk hapus atau singkirkan.

3. Siasatai Foto

Untuk mengurangi kapasitas memori, pengguna dapat bekerja di sekitar foto yang disimpan di ponsel. Cara pertama adalah mengurangi ukuran gambar (kompres). Untuk memperkecil ukuran foto bisa dilakukan di berbagai aplikasi kompresi foto di toko aplikasi.

Cara kedua untuk memindahkannya adalah ke penyimpanan cloud (cloud) seperti Google Photo atau iCloud. Pengguna seluler harus mengaktifkan fitur Google Backup dan sinkronisasi untuk mengambil keuntungan dari semua penyimpanan cloud gratis.

Untuk mengaktifkan, buka aplikasi Foto Google dan buka Pengaturan> Cadangkan dan sinkronkan, lalu nyalakan.

Setelah mencadangkan foto menggunakan Foto Google, pengguna juga dapat pergi ke Pengaturan> Penyimpanan perangkat gratis, dan Foto Google akan menghapus semua foto dan video yang dicadangkan.

Ketiga, mentransfer foto ke PC atau penyimpanan eksternal lainnya.

4. Transfer Aplikasi ke MicroSD

Aplikasi ini dapat menggunakan sebagian besar ruang penyimpanan di ponsel Anda. Jika Anda memiliki ponsel Android yang memungkinkan penambahan kartu microSD untuk penyimpanan ekstra, Anda dapat mentransfer beberapa aplikasi dengan kapasitas memori besar ke kartu microSD.

Untuk melakukan itu, buka Pengaturan dan buka Aplikasi> Manajer aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin Anda pindahkan. Jika aplikasi dapat dipindahtangankan, tombol yang mengatakan Pindah ke kartu SD muncul, lalu ketuk tombol untuk mentransfer aplikasi ke kartu microSD, seperti yang dilaporkan oleh Fonepaw.

5. Hapus Aplikasi

Jika semua metode di atas dilakukan dan ruang penyimpanan masih penuh maka cara lain adalah menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Baca Juga:  Cara Gunakan Fitur Streaming Di Youtube Dengan Menggunakan Smartphone Android

Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang, buka Pengaturan dan pergi ke Penyimpanan> Aplikasi. Di bagian itu Anda akan menemukan daftar aplikasi yang diurutkan berdasarkan ukuran. Aplikasi terbesar ada di bagian atas daftar.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan, ketuk aplikasi dan lalu ketuk ikon ‘i’ di sebelah nama aplikasi. Ketuk uninstall untuk menyingkirkan aplikasi.

Namun, beberapa aplikasi default (bloatware) sulit dihilangkan dengan cara normal. Pilihan untuk menghapus aplikasi tidak tersedia dari fitur Pengaturan.

Untuk menyingkirkan bloatware ini, pengguna harus melakukan root pada ponsel Android. Kemudian, pilih Pengaturan> Aplikasi> pilih aplikasi yang akan dihapus> Hapus (Hapus).

6. Reset pabrik

Dengan cara ini, semua data dan aplikasi yang diunduh akan hilang. Karena ponsel akan dikembalikan ke pengaturan awal ketika meninggalkan pabrik.

Untuk melakukan ini, pilih Pengaturan> Cadangkan dan Reset> Reset Data Pabrik.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow