Tips Agar Performa Ponsel Lebih Optimal

0
151

Semakin lama ponsel digunakan, kinerjanya seringkali lebih lambat. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Beberapa faktor termasuk baterai mulai cepat habis, terlalu banyak unduhan aplikasi, atau kapasitas memori tidak mencukupi.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda agar lebih ringan.

1. Perbarui Sistem Operasi Seluler

Sistem operasi seluler Android dan iOS biasanya mendapatkan pembaruan perangkat lunak setiap bulan atau lebih. Anda seharusnya tidak melihat jika ada pemberitahuan di pembaruan.

Karena pembaruan biasanya memperbaiki bug atau cacat desain pada perangkat keras dan perangkat lunak yang mengakibatkan beberapa program tidak berfungsi dengan baik. Selain memperbarui sistem operasi, itu juga meningkatkan keamanan ponsel untuk mencegah serangan malware.

Cara memperbarui sistem operasi seluler adalah membuka menu Pengaturan atau Pengaturan, lalu klik Pembaruan Perangkat Lunak atau Pembaruan Sistem.

2. Perbarui Aplikasi

Pengembang aplikasi secara teratur memperbarui aplikasi untuk meningkatkan kinerja. Selain itu, pembaruan aplikasi juga sering tersedia untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru.

Cara memperbarui aplikasi pada ponsel Android adalah membuka Google Play Store, lalu klik tiga garis horizontal di sisi kiri layar dan pilih ‘Aplikasi dan Game Saya’.

Kemudian, Anda akan menemukan tombol hijau besar berlabel ‘Perbarui Segalanya’. Klik label dan versi terbaru aplikasi Anda akan diinstal.

Sedangkan untuk pengguna iPhone, buka App Store, klik tab berlabel Perbarui dan tekan tombol ‘Perbarui Semuanya’.

3. Bersihkan Cache Browser

Saat meramban situs web, ponsel akan menyimpan versi setiap gambar yang ditampilkan tanpa pemberitahuan. Bayangkan jika Anda cukup menggunakan ponsel. Browser Anda secara otomatis menghabiskan memori dan menyebabkan gangguan kinerja pada ponsel cerdas dan peringatan penyimpanan rendah.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Smartphone

Cara untuk menghapus cache browser Anda adalah ketika Anda menggunakan Chrome di iOS atau Android, buka dan masukkan pengaturan aplikasi. Gulir ke bawah dan ketuk ‘Privasi’. Lalu ketuk ‘Bersihkan Data Perambanan’. Di sini, Anda dapat memilih jenis data pencarian yang ingin Anda hapus.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tak Dipakai

Copot pemasangan atau hapus instalan aplikasi seluler setelah tidak menggunakannya selama beberapa minggu. Karena aplikasi yang tidak digunakan hanya akan menggunakan ruang penyimpanan ponsel dan dapat memperlambat ponsel.

5. Gunakan Aplikasi Versi Ringan

Ketika ponsel Anda memiliki penyimpanan daya yang rendah, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi ringan atau ringan. Versi ringan dari aplikasi ini juga dapat mengurangi penggunaan memori dan penyimpanan RAM Anda. Beberapa aplikasi versi ringan termasuk Facebook Lite, Facebook Messenger Lite, Google Maps Go, Gmail Go, Line Lite, Skype Lite, dan YouTube Go.

6. Reset pabrik

Jika semua hal di atas tidak berhasil meningkatkan kinerja ponsel Anda, cara terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan reset pabrik.

Metode ini seperti mengembalikan ponsel Anda seperti sebelumnya. Namun, metode ini memiliki banyak risiko, terutama beberapa data seperti kontak, aplikasi, foto, dan video. Anda dapat membuat cadangan data Anda ke penyimpanan lain, seperti komputer atau memori.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow