Hemat Kuota Internet Ke WhatsApp, Begini Caranya…

0
114

Setiap aplikasi yang terhubung ke internet pada smartphone memerlukan kuota internet saat terhubung, termasuk WhatsApp yang menurut banyak orang dapat digolongkan sebagai aplikasi ringan.

Untuk pengguna yang ingin menghemat konsumsi kuota internet mereka, WhatsApp benar-benar telah menyediakan berbagai opsi atau fitur untuk membantu. Berikut ini adalah ringkasan langkah-langkah yang dapat anda lakukan di WhatsApp untuk menghemat kuota internet anda.

1. Ubah Konsumsi Data Di WhatsApp Call

WhatsApp Call adalah fitur panggilan suara yang menggunakan konsumsi kuota internet, bukan kredit seperti sebelumnya, sehingga menurunkan harga layanan. Namun, anda mungkin ingin kuota internet anda lebih baik atau ditransfer untuk memutar konten video.

Dalam pengaturan aplikasi WhatsApp ada fitur untuk membuat konsumsi data atau kuota internet saat membuat Panggilan WhatsApp lebih baik. Cara masuk ke Settings dan kemudian pilih opsi Data Usage. Di bagian Menggunakan halaman Data Usage, ada opsi untuk mengaktifkan Low Data Usage.

Tentu saja, ketika fitur Low Data Usage diaktifkan, kualitas panggilan suara akan lebih rendah dari sebelumnya. Selama kualitas internet dari operator atau kartu WiFi yang digunakan bagus, fitur ini tidak akan mengurangi kualitas suara di WhatsApp Call.

2. Jangan Mengunduh Konten Media Secara Otomatis Dalam Percakapan

Seperti diketahui bahwa WhatsApp dapat digunakan untuk berbagi konten media dari suara, video, gambar, dan GIF. Pengguna dapat menyimpan data atau kuota internet dan menghentikan proses pengunduhan konten otomatis.

Beberapa dari anda mungkin memilih untuk mengunduh konten yang hanya ingin anda lihat atau pilih untuk mengunduhnya ketika terhubung ke WiFi di rumah, kantor atau kafe. Pengguna dapat mengaktifkan fitur unduhan otomatis di WhatsApp.

Baca Juga:  Tips Mudah Untuk Menjaga Keamanan Akun Facebook, Instagram Dan WhatsApp

Cara masuk ke halaman Settings di WhatsApp kemudian pilih opsi Data Usage. Pada halaman itu akan ada pilihan Media Auto-Download atau unduhan otomatis. Ubah pengaturan dalam fitur ini ke When Connected to WiFi atau hanya tersambung ke WiFi saja. Pilih konten media atau jenis yang ditetapkan oleh fitur ini.

Bahkan jika fitur ini aktif, pengguna masih dapat mengunduh konten di WhatsApp secara manual dengan mengklik media percakapan dan mengunduhnya menggunakan koneksi data atau kuota internet.

3. Nonaktifkan Fitur Cadangan Otomatis

Cadangan di WhatsApp digunakan untuk menyimpan semua percakapan media dan konten di dalamnya jika suatu hari anda kehilangan smartphone favorit anda. Tentu saja proses pencadangan memerlukan koneksi internet tetapi pengguna mungkin tidak ingin proses menggunakan kuota internet mereka sendiri.

WhatsApp menawarkan opsi untuk mencadangkan hanya saat terhubung ke WiFi. Kemudian, masuk ke Settings dan lanjutkan untuk memilih opsi Chat. Di dalamnya pilih Chat Backups dan anda akan menemukan opsi bernama Backup to Google Drive yang akan memberikan pilihan proses pencadangan yang hanya terhubung ke WiFi.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow