Cara Mengaktifkan Fitur Khusus Agar Tidak Kecanduan Medsos

0
118

Menggulir timeline media sosial sambil melihat foto di Instagram, menulis di Facebook, atau video YouTube benar-benar menyenangkan. Namun, jika aktivitas ini berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, itu diklasifikasikan sebagai penyakit mental.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Pediatrics, konsumsi media sosial tampaknya terkait dengan depresi di kalangan remaja. Semakin lama seorang remaja menghabiskan waktu di media sosial, gejalanya semakin menyedihkan. Menurut penelitian tersebut, setiap satu jam tambahan di media sosial meningkatkan gejala depresi.

Banyak pihak media sosial berada di bawah tekanan untuk membatasi sehingga pengguna dapat berpikir tentang berapa banyak waktu yang mereka habiskan di media sosial.

Facebook, Instagram dan Youtube telah menyediakan fitur garis waktu yang dibawa oleh aplikasi itu sendiri. Penjelasan berikut.

Instagram

Pengguna Instagram dapat menetapkan batas waktu mereka sendiri menggunakan media sosial melalui fitur pengingat. Dengan fitur ini, pengguna akan diperingatkan jika Instagram telah digunakan melampaui batas waktu.

Berikut cara mengaktifkan fitur ini:
– Klik tombol Profil di kanan bawah
– Pilih Aktivitas Anda atau Aktivitas Anda
– Kemudian atur pengingat harian atau ‘Setel Pengingat Harian’. Dalam pengaturan ini, Anda hanya perlu memasukkan batas waktu yang diinginkan.

Setelah pengingat aktif, pemberitahuan akan muncul ketika batas waktu tercapai. Tetapi fitur ini tidak akan memblokir akses atau hanya memberikan pengingat.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat rata-rata waktu harian yang dihabiskan setiap hari dalam seminggu. Untuk pengaturan yang lebih ketat, Anda dapat mematikan semua notifikasi dari Instagram.

Facebook

Sebagai induk dari Instagram, fitur serupa juga hadir di Facebook. Namun, aplikasi ini memiliki nama yang sedikit berbeda, Your Time on Facebook (waktu yang Anda habiskan di Facebook).

Baca Juga:  Hemat Kuota Internet Ke WhatsApp, Begini Caranya...

Cara mengaktifkannya:
– Buka menu di kanan atas aplikasi Facebook
– Ketuk opsi ‘Waktu Anda di Facebook’
– Pilih Setel Pengingat Harian (atur pengingat harian)
– Masukkan waktu yang akan ditentukan.

Pemberitahuan akan muncul jika Anda mencapai batas maksimum untuk menggunakan Facebook.

Youtube

Youtube juga memiliki fitur pengingat serupa yang disebut “Remind Me to Rest” (ingatkan saya untuk beristirahat).

Cara mengaktifkannya:
– Buka aplikasi Youtube,
– Klik pada gambar profil Anda
– Pilih Pengaturan
– Pilih Umum atau umum
– Aktifkan Remind Me to Get Break.
– Pilih waktu yang diinginkan

Setelah mengaktifkan opsi ini, pemberitahuan akan muncul ketika waktu penggunaan Anda berakhir.
Lihat juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Kecanduan Gadget

Facebook, Instagram, dan Youtube, pada dasarnya menyediakan pengaturan yang dapat mengingatkan pengguna ketika mereka menggunakan aplikasi melebihi waktu yang ditentukan.

Namun ketiganya hanyalah satu pengingat. Setelah pemberitahuan muncul, Anda dapat mengabaikannya dan melanjutkan aktivitas aplikasi.

Jika Anda ingin membatasi diri, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau juga fitur telepon bawaan yang dapat memblokir aplikasi begitu mereka mencapai batas waktu.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow