Cara Aman Dari Gangguan Hacker Saat Gunakan Video Call Zoom

0
29

Popularitas Zoom dari layanan panggilan video karena virus korona, peretas telah mengambil keuntungan dari serangan Pemboman Zoom.

Serangan ini berupa interferensi eksternal yang membajak konferensi video dengan mengirim gambar cabul atau mengekspresikan permusuhan disertai dengan ancaman.

“Masalahnya adalah, segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia maya tentu beresiko. Dalam kasus Zoom, ancaman Zoom Bom bisa menjadi masalah besar bagi banyak pihak, sehingga untuk mengatasi masalah ini diperlukan pengaturan yang tepat untuk mencegah pembajakan, “tulis Konsultan Keamanan TI PT Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh dari rilis informasi yang kami terima.

Layanan konferensi video saat ini dicintai oleh komunitas dunia mengikuti kebijakan studi dan bekerja dari rumah untuk menekan pandemi SARS-Cov-2 corona, termasuk Indonesia.

Salah satu layanan konferensi video yang paling banyak digunakan adalah Zoom, layanan ini tidak hanya tersedia dalam versi desktop tetapi didasarkan pada aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS.

Oleh karena itu, Yudhi mengusulkan untuk mengubah pengaturan “Ruang Tunggu” untuk memungkinkan tamu yang tidak diundang untuk mempertimbangkan. Bagaimana cara:

1. Buka Manajemen Akun.
2. Kemudian klik Pengaturan Akun dan gulir ke bawah ke opsi Ruang Tunggu kemudian aktifkan.
3. Pilih siapa yang dapat hadir, misalnya jika Anda mengklik Semua Peserta atau Peserta Tamu.
4. Ruang tunggu juga dapat diatur untuk beberapa pertemuan. Caranya adalah dengan menjadwalkan rapat sebelum opsi Jadwal Rapat.
5. Kemudian klik Rapat Mendatang.
6. Anda juga dapat mengaktifkan Ruang Tunggu untuk semua rapat dengan ID rapat pribadi Anda. Caranya adalah, klik opsi Rapat lalu klik Ruang Rapat Pribadi.
7. Klik Edit Rapat Ini.
8. Anda harus memastikan Ruang Tunggu aktif dengan menjentikkan, lalu klik Simpan.
9. Tuan rumah dapat dikendalikan oleh Ruang Tunggu dengan memilih Peserta.
10. Setelah pertemuan dimulai, peserta dapat diterima dari daftar tunggu di bawah Pemerintah yang Berpartisipasi atau mengelola peserta atau semua peserta di Ruang Tunggu dapat diterima pada waktu yang sama.
11. Kemudian klik Peserta Video Lainnya, mereka dapat dikirim ke Ruang Tunggu selama panggilan.

Baca Juga:  Tips Mengubah Ponsel Lama Menjadi Kamera CCTV

Sebelumnya, Zoom pada perangkat iOS Apple juga dikatakan telah mengirim data ke Facebook tanpa sepengetahuan pengguna. Data akan tetap dikirim bahkan jika pengguna tidak memiliki akun Facebook.

Latihan ini bukanlah hal yang aneh. Karena banyak pembuat aplikasi menggunakan alat pengembangan perangkat lunak (SDK) Facebook untuk mengimplementasikan fitur tertentu dalam perangkat lunak mereka.

Masalahnya adalah kebijakan privasi Zoom tidak menjelaskan tipe berbagi data. Perusahaan mengatakan hanya membagikan data dengan pihak ketiga tanpa secara khusus menyebutkan nama Facebook.

Bahkan Facebook mengharuskan pembuat aplikasi untuk memberikan notifikasi kepada pengguna terkait dengan berbagi data. Bahkan, permintaan untuk meminta pembuat aplikasi untuk memasukkan nama Facebook jika memberikan data.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow