STNK Baru Berbentuk Kartu Mulai Diberlakukan Pada 2021

0
148

Brigadir Jenderal Polisi Lalu Lintas Nasional, Regim Halim Pagarra mengatakan model baru dari Surat Tanda Registrasi Kendaraan (VIN) akan diterapkan pada tahun 2021. Saat ini, Kepolisian Nasional sedang mengkaji di beberapa lembaga.

“Insya Allah, 2021,” kata Halim saat dihubungi Sabtu (2/11).

Untuk mencapai ini, lanjutnya, Polisi Lalu Lintas Nasional berbicara dan memeriksa dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Disiplin Sistem Administrasi Satu Pintu (Samsat) di berbagai daerah juga dilakukan.

“Pelatih Samsat tingkat pusat dan daerah meliputi Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Direktur Pengembangan Keuangan Umum, kemudian Kementerian Keuangan dalam hal ini PT Jasa Raharja,” katanya.

Salah satu hal yang dipelajari bersama adalah masalah chip registrasi kendaraan yang akan mengambil bentuk kartu. Nantinya, keripik akan dikonseptualisasikan sehingga dapat digunakan sebagai bentuk pembayaran, misalnya pembayaran tol, parkir, dan lainnya.

“Salah satu cek adalah penggunaan chip untuk ditempatkan pada kartu registrasi kendaraan,” kata Halim.

Halim mengatakan Visa dalam bentuk kartu adalah hasil improvisasi Polisi dalam hal menyimpan data kendaraan. Dia mengklaim VIN dalam bentuk kartu lebih baik, lebih mudah disimpan, dan lebih mudah pecah.

Halim mengatakan bahwa Visa dalam bentuk kartu juga telah digunakan di banyak negara lain. Diantaranya adalah Finlandia, Bulgaria, Ukraina dan Belanda.

“Registrasi kendaraan model ini mencegah orang dari bertanggung jawab karena mereka sudah memiliki fitur dan fitur keamanan sendiri,” katanya, Jumat (11/1).

Sebelum registrasi, polisi juga mengeluarkan SIM dalam bentuk kartu. Chip dalam bentuk kartu SIM mencatat berbagai informasi terkait dengan data forensik pemilik SIM, termasuk jumlah pelanggaran lalu lintas. Yang disebut Smart SIM dapat digunakan sebagai metode pembayaran dan dapat menyimpan saldo maksimum Rp2 juta.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Google Classroom, Untuk Belajar Jarak Jauh Dikala Pandemi
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow