Qualcomm Memperluas Dukungan 5G Untuk Snapdragon Seri 6 Dan 7

0
151

JakartaQualcomm yakin akan memperluas dukungan jaringan 5G untuk chipsetnya. Setelah hadir untuk seri Snapdragon 8, dukungan 5G sekarang akan disajikan pada chipset seri 6 dan 7.

Rencananya, seri Snapdragon 6 dan 7 mendukung 5G diatur untuk 2020. Qualcomm juga memastikan bahwa 8 seri terbaru kembali mendukung 5G.

Memperluas dukungan ini sedang dilakukan oleh Qualcomm sehingga potensi 5G dapat diakses oleh lebih dari 2 miliar pengguna smartphone. Terlebih lagi, 5G menawarkan pengalaman yang lebih baik, mulai dari kamera, video, hingga game.

“Kami berada dalam posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G pada skala global dengan mitra dan operator OEM dengan penawaran platform seluler di seri Snapdragon 8, 7 dan 6 tahun 2020,” kata SVP dan GM Qualcomm Technologies Alex Katouzian dalam pernyataan resmi diterima (Senin, 9 / 9/209).

Nantinya, chipset baru ini akan menjadi yang pertama yang kompatibel dengan perangkat lunak Snapdragon 5G Modem-RF System. Portofolio ini dirancang untuk mendukung semua wilayah dan pita frekuensi, termasuk mmWave, TDD dan FDD, hingga 5G multi-SIM.

Seri Snapdragon 8 terbaru akan diperkenalkan akhir tahun ini. Pada KTT Tech Qualcomm Snapdragon 2019, informasi lebih lanjut tentang chipset akan terungkap.

Sedangkan untuk seri Snapdragon 7, chipset ini terintegrasi dengan modem 5G. Selain dukungan 5G, chipset ini sekarang hadir dengan sejumlah fitur premium, seperti AI Engine dan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming.

Menurut Qualcomm, ada 12 merek ponsel pintar global yang siap menggunakan chipset seri Snapragon 7 yang terintegrasi dengan 5G ini. Beberapa di antaranya adalah Oppo, Realme, Vivo, Motorola, HMD Global (Nokia), dan LG.

Kemudian untuk perangkat dengan seri Snapdragon 6 yang terintegrasi dengan 5G, diharapkan akan tersedia pada paruh kedua tahun 2020. Mirip dengan yang pertama, seri ini akan mendukung sejumlah fitur utama yang dibutuhkan pengguna smartphone.

Baca Juga:  Pantau Konten YouTube, KPI Berkerjasama Dengan Kominfo & Kemendikbud

Qualcomm Dan Tencent Berkolaborasi Pada Smartphone Gaming 5G

Sebelumnya, Qualcomm dan perusahaan teknologi China Tencent juga mengumumkan kemitraan strategis.

Melalui kemitraan ini, game Tencent akan dapat bermain lebih baik di perangkat yang menggunakan chipset Qualcomm. Selain itu, seperti dikutip dari Reuters, integrasi ini termasuk proyek Gaming Smartphone 5G.

“Permainan digital, yang merupakan contoh utama penggunaan 5G, akan mengambil keuntungan dari konektivitas generasi berikutnya,” Frank Meng, ketua Qualcomm China mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, menurut Frank, “Koneksi yang lebih cepat, broadband yang lebih luas, dan latensi sangat rendah akan mendukung pengalaman gaming real-time, multipemain dan mendalam.”

Proyek Gaming Smartphone 5G bisa menjadi tindak lanjut dari kolaborasi sebelumnya. Beberapa waktu lalu, Tencent mengajak Asus untuk memperkenalkan ROG Phone II. Smartphone gaming menggunakan chipset Snapdragon 855 Plus dari Qualcomm.

Tencent saat ini bekerja pada layanan back-end berbasis komputasi awan yang disebut Instant Play. Layanan ini dapat digunakan oleh pengembang game untuk mengakomodasi kebutuhan streaming game. Melalui layanan cloud computing-nya, Microsoft juga menawarkan layanan serupa.

Qualcomm Meluncurkan 3 Chipset Snapdragon Chips Baru

Sebelumnya dirilis, Qualcomm mengumumkan pada bulan April tahun ini tiga chipset baru, Snapdragon 730, 730G dan 665 Mobile Platform.

Rangkaian produk baru ini dirancang untuk memberi konsumen pengalaman bermain yang lebih baik, Artificial Intelligence (AI) dan kinerja.

Dikutip dari Phone Arena, deretan perangkat pertama yang didukung oleh tiga chipset akan dikunjungi pasar pada pertengahan tahun ini. Ketiganya diperkirakan melebihi harapan konsumen.

“Dengan diperkenalkannya Platform Seluler Snapdragon 730, 730G dan 665, kami menampilkan fitur-fitur seperti AI canggih, permainan luar biasa, dan kemampuan kamera canggih di seluruh spektrum luas perangkat berperforma tinggi. Setiap iterasi Snapdragon mendorong inovasi besar yang akan memenuhi harapan pelanggan, “kata Wakil Presiden Manajemen Produk Qualcomm, Kedar Kondap.

Baca Juga:  Harga Dan Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy A10s

Snapdragon 730 adalah 7 seri pertama Qualcomm, dengan beberapa fitur yang sebelumnya hanya tersedia di seri flagship chipset 8.

Kemampuan AI chipset yang menggantikan Snapdragon 710 akan memberikan pemotretan intuitif, permainan yang lebih baik, dan kinerja yang lebih optimal.

Snapdragon 730 dilengkapi dengan mesin AI Engine multi-core, generasi keempat Qualcomm, yang dua kali lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Juga di dalam adalah prosesor sinyal gambar Qualcomm Spectra 350 (ISP).

ISP memberikan penghematan daya empat kali lebih tinggi dari pendahulunya, dan dapat mendukung tiga kamera yang terdiri dari lensa telefoto, ultra-lebar, dan foto. Perangkat ini juga dapat merekam video 4K HDR dalam mode gambar.

Dibuat dengan proses 8nm, Snapdragon 730 mencakup GPU Adreno 618 dan grafis yang menggunakan daya 20 persen lebih sedikit daripada Open GL ES.

Ini berarti pemain bisa mendapatkan grafik yang lebih baik dan daya tahan baterai lebih lama.