Jepang Ciptakan Alat Tes Baru Yang Dapat Deteksi Corona Dalam 10 Menit

0
6

Sejumlah peneliti Jepang telah berhasil menciptakan terobosan baru dalam pendeteksian korona dalam tubuh seseorang. Kelompok ini melakukan tes yang diklaim mampu memberikan hasil infeksi yang mungkin kepada seseorang hanya dalam 10 menit. Waktu log ini dikenal lebih cepat daripada alat uji tercepat yang tersedia saat ini.

Peneliti Jepang adalah kombinasi dari peneliti dari Universitas Nagasaki, Sistem Medis Canon dan Institut Nasional Penyakit Infeksi di Jepang. Test kit baru ini diklaim lebih cepat dan lebih baik dari test kit yang ada.

Sampai saat ini, metode ini masih menjalani uji klinis di Prefektur Nagasaki, yang baru-baru ini menerima laporan infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi. Dilansir dari GizmoChina (21/3), test kit ini datang dalam bentuk perangkat portabel yang ringkas dan berbobot 2.4kg. Alat ini hanya membutuhkan sampel dari hidung atau tenggorokan pasien. Tidak terbatas pada itu, dilaporkan bahwa alat ini juga dapat dilihat melalui materi apa pun yang mungkin memiliki jejak virus. Selanjutnya para peneliti menggunakan pewarna fluorescent untuk mendeteksi infeksi.

Catatan, sebelumnya dilaporkan bahwa Kurabo Industries akan menjual alat uji corona yang dikembangkan di Cina. Alat ini hanya membutuhkan waktu 15 menit hingga hasilnya muncul. Sementara tes yang dilakukan menggunakan metode PCR (Polymerase Chain-Reaction), metode ini membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 3 hingga 4 jam hingga hasilnya keluar.

Alat yang dikembangkan oleh para peneliti dari Jepang memberi harapan baru untuk deteksi infeksi korona lebih cepat. Namun, untuk melakukan tes menyeluruh dengan tingkat akurasi yang tinggi, dibutuhkan sekitar 40 menit. Dilaporkan sebagai perangkat uji yang dapat menjalankan 700 tes berbeda setiap hari. Setelah menjalani uji klinis di Nagasaki, perangkat ini rencananya akan didistribusikan ke rumah sakit dan lembaga kesehatan di seluruh Jepang.

Baca Juga:  Mengenal Skimming, Penyebab Kebocoran ATM Nasabah
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow