Intel Resmi Tunda Perilisan Chipset 7nm Hingga Akhir 2022

0
14

Intel secara resmi menunda rilis chip 7nm pada pertemuan pendapatan tengah tahun, Kamis (23/7/2020). Penundaan ini menyebabkan masalah pembuatan chip tertunda hingga 12 bulan.

Selain itu, chip terbaru ini dilaporkan mengalami “cacat” atau pengurangan hasil, sehingga Intel memperkirakan bahwa setidaknya 7nm chip dapat dirilis pada akhir 2022 atau awal 2023.

“Waktu berbasis CPU perusahaan bergerak hampir enam bulan ke target sebelumnya. Penggerak utama adalah hasil dari proses 7nm Intel, berdasarkan data terbaru, sekarang cenderung sekitar dua belas bulan di belakang target internal perusahaan, “kata Intel dalam siaran pers, yang dikutip oleh Toms Hardware.

Selain dari rencana penyusutan, chip 7nm saat ini dianggap sebagai teknologi paling maju dalam daftar prosesor chip. Jadi tentu saja keterlambatan ini sangat disayangkan, mengingat bahwa Intel juga mengalami masalah dengan keterlambatan dalam produksi chip 10nm – meskipun sekarang pengembangan telah mengalami kemajuan.

Dengan keterlambatan dan kekhawatiran ini, Intel kemungkinan akan mengalami masalah persaingan di pasar.

Karena salah satu pesaing Intel, AMD sebelumnya juga merilis chip Ryzen 4000 berdasarkan arsitektur 7nm. Apple juga baru-baru ini dikabarkan akan beralih dari chip chip Intel ke silikon 7nm berdasarkan ARM. Lebih buruk lagi, Jim Keller sebagai desainer chip 7nm dikabarkan telah meninggalkan perusahaan.

Dengan penundaan produksi dan masalah internal yang dialami oleh Intel, tidak hanya kemunduran perusahaan, beberapa produsen PC juga akan mengalami penundaan produksi dari seri terbaru mereka. Karena Intel adalah pemasok chip dari sebagian besar perangkat PC di pasaran, sehingga ketiadaan 7nm tentu akan berdampak pada model-model baru di pasaran.

Bahkan sebagai langkah untuk mengatasi masalah tersebut, Intel dikabarkan akan fokus pada chip 10nm di mana perusahaan sekarang mengklaim telah meningkat sebesar 20% dari produk yang diharapkan.

Baca Juga:  Cara Sederhana Ini Wajib Dicoba Apabila MicroSD Kamu Tidak Terdeteksi

Verge juga melaporkan bahwa Intel juga dilaporkan telah merilis chip Tiger Lake generasi ke-11, yang didasarkan pada 10nm ++ dan prosesor generasi ketiga. Adapun saat itu Intel berencana untuk merilis produk pertama dari generasi ke-12 bernama Alder Lake, menjadikannya tiga chip yang termasuk dalam rilis hingga akhir tahun ini.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow