Hebat, Motor Listrik SMKN 1 Seyegan Juara Nasional PLN-ICE 2022

0
187

Reporter: A Riyadi | Redaktur : Wahyu Nurdiyanto

JualanBarang, YOGYAKARTA – Sepeda motor listrik hasil karya SMKN 1 Seyegan menjadi juara pertama kategori konvensi motor bahan bakar listrik untuk subkategori pelajar dan masyarakat pada ajang ‘PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) 2022’. Kegiatan ini diikuti oleh SMK se-Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta masyarakat.

Kepala SMKN 1 Seyegan Sleman, Yon Fatkhunal Huda SPd MEng mengungkapkan, dalam ajang tersebut, 14 peserta terpilih menjadi 5 tim terbaik untuk mengikuti babak final di Jakarta pada 18-20 Oktober 2022.

Tim SMKN 1 Seyegan memamerkan program SEV-R atau Skanesga Electric Vehicle-Retrofit berbasis mesin Yamaha NMAX 155cc dengan baterai 3 72 Volt 20 AH yang diklaim memiliki daya maksimum 4 kW dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dan menempuh jarak jauh. 80 km dengan 1 unit baterai,” jelasnya, Jumat 21/10/22,

motor listrik-2.jpg

SEV-R sebenarnya merupakan salah satu unit kegiatan yang dibentuk oleh klien untuk mewadahi segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kendaraan listrik dalam Kompetensi Keahlian Teknik Autotronik SMKN 1 Seyegan Sleman (Skanesga).

“Alhamdulillah kami sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada tim SEV-R atas pencapaian yang luar biasa ini. Kerja keras 10 mahasiswa kompetensi Teknik Autotronik, Fabrikasi Logam dan Manufaktur serta Teknik Bisnis Sepeda Motor dengan bimbingan guru yang kompeten di bidangnya berubah menjadi keluar menjadi subur. prestasi besar, “katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Tukiman SPd MT, juga menyampaikan apresiasinya. “Ini prestasi yang luar biasa, prestasi ini harus dilaporkan ke masyarakat. Masyarakat harus tahu bahwa sekolah VMBO di DIY mampu bersaing di tingkat nasional. Masyarakat harus tahu bahwa anak-anak dididik dengan baik, difasilitasi untuk berprestasi, dibentuk berkarakter kreatif, inovatif dan percaya diri,” ujarnya.

Baca Juga:  Menangkan Ballon d'Or 2022 pada usia 34, Benzema: usia hanyalah angka

Selain itu, sebagai tindak lanjut dari kemenangan tersebut, sepeda motor listrik SEV-R akan diboyong ke Bali dalam pameran di arena pertemuan G20.

Sementara itu, Presiden PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, PT PLN (Persero) menggelar kompetisi inovasi bidang ketenagalistrikan di PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) pada 2022 dengan total hadiah dan pendanaan sebesar Rp 2,5 miliar. Dengan acara ini, PLN bertujuan untuk menjaring inovasi-inovasi terbaik anak negeri.

Tahun ini, ajang ICE PLN dibagi menjadi dua kategori kompetisi. Pertama, kategori kompetisi konversi BBM ke motor listrik. Kedua, kategori rancang bangun peralatan dan program bisnis di bidang pertanian berbasis kelistrikan, peternakan, perkebunan dan perikanan (Electrifying Agricultre).

Darmawan Prasodjo berharap kompetisi ini dapat membantu percepatan program Battery Electric Vehicle. Selain itu, kompetisi Electrifying Agriculture diharapkan dapat melahirkan inovasi peralatan dan program bisnis modern dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas di bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

motor listrik-3.jpg

“Konversi ini juga merupakan langkah kita untuk lebih mandiri dalam ketahanan energi. Karena pergeseran dari energi berbasis impor ke energi dalam negeri, ini juga untuk mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan mempercepat pencapaian target netral karbon pada tahun 2060,” kata Darmawan.

Menurutnya, konsep Electrifying Agriculture merupakan perubahan gaya hidup petani untuk berorientasi pada masa depan. Hal ini membuat sektor pertanian lebih maju, lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan.

“Semoga nilai dan semangat petani Indonesia dalam Electrifying Agriculture dapat menyebar ke seluruh Indonesia,” harap Darmawan.

“Hasil akhir dari kompetisi ini tidak hanya berupa ide, tetapi dapat diwujudkan dalam sebuah produk dan implementasi program bisnis yang efektif. Dengan lahirnya inovasi anak negeri ini melalui PLN ICE, kami berharap dapat mendorong gaya hidup elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

Baca Juga:  Polytron luncurkan produk pembersih udara portable Airee

**)


Dapatkan update informasi JualanBarang Indonesia pilihan setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


sepeda motor listrik smkn 1 seyegan pln-ice 2022 kendaraan listrik yogyakarta Penerbit

JualanBarang adalah Toko Belanja Online dengan konsep One-stop Shopping.
Anda bisa membeli produk dan barang di sini secara mudah dan cepat tanpa harus daftar.

Sumber Link: Kunjungi website

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow