Demi Kenyamanan Penggunanya, OPPO Rilis Aplikasi OPPO Service

0
113

Sebagai barang elektronik, smartphone yang kita gunakan sehari-hari tentu bisa saja mengalami kerusakan. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena keteledoran penggunanya seperti tak sengaja menjatuhkan, atau penyebab lain seperti error pada sistem dan kerusakan komponen tertentu.

Dulu saya pernah mengalami ribetnya proses klaim garansi smartphone, saya harus datang ke lokasi service center, antrinya lama, dan spare part-nya kadang belum tentu tersedia sehingga proses perbaikannya bisa sampai berminggu-minggu. Itu memang cerita lampau, karena sekarang layanan purna jual smartphone sudah jauh lebih baik.

Sebut saja OPPO, setelah berhasil menyalip Samsung dan menjadi kepala pasar ponsel pintar Indonesia – salah satu strategi OPPO untuk melindunginya adalah meningkatkan layanan purna jualnya. Mereka baru saja meluncurkan aplikasi yang disebut OPPO Service dan sejumlah program layanan terbaru.

Sebagai informasi, posisi OPPO sebagai kepala pasar ponsel pintar Indonesia didasarkan pada laporan dari Canalys. Sedangkan pada kuartal kedua 2019 OPPO mencatat pangsa pasar 26 persen, sedangkan Samsung menguasai 24 persen. Meskipun, laporan dari penelitian Counterpoint masih menunjukkan Samsung di tempat pertama.

Layanan Aplikasi  OPPO Service

Saat ini OPPO memiliki 117 cabang pusat layanan di Indonesia dan dikelola langsung oleh OPPO tanpa pihak ketiga. Melalui aplikasi ini, OPPO bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan perbaikan pada Pusat Layanan OPPO.

Dari mulai informasi tentang lokasi pusat layanan, periksa status garansi, status perbaikan, layanan prioritas yang memungkinkan konsumen mendaftarkan antrian online, layanan antar-jemput, kerusakan diagnostik , hingga harga suku cadang. Dengan demikian, perhitungan biaya yang dikeluarkan oleh konsumen jauh lebih jelas, jika kerusakan tidak ditanggung oleh garansi atau berakhirnya masa garansi.

Baca Juga:  Gojek Dapat Penghargaan Majalah Fortune Berkat GoPay

Bagi konsumen yang membutuhkan bantuan, ada juga fitur obrolan, live chat dengan layanan pelanggan. Anda juga bisa mendapatkan pembaruan berita terbaru tentang produk OPPO. Saat ini, aplikasi Layanan OPPO dapat digunakan dalam OPPO A71, A71 2018, A3s, A5s, F5, F7, F9, F11, F11 Pro, R17 Pro, Find X dan OPPO Reno series.

Program Layanan Sebelum Purna Jual

Terlepas dari aplikasi Layanan OPPO, ada dua hal penting yang telah diumumkan OPPO. Pertama adalah program layanan jaminan internasional premium khusus untuk perangkat Reno 10x Zoom, Reno FC Barcelona Edition, dan Reno 10x Zoom Artist Edition.

“Kami menyadari bahwa banyak orang saat ini bekerja, bepergian dan belajar di luar negeri. Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan kami di luar negeri, OPPO telah meluncurkan layanan jaminan internasional.” Aryo Meidianto A., Manajer Humas OPPO Indonesia.

Misalnya, jika perangkat Reno 10x Zoom Anda mengalami masalah saat bepergian ke luar negeri, Anda masih memiliki akses ke layanan perbaikan dan garansi di pusat layanan OPPO resmi di negara-negara tempat perangkat itu dijual secara resmi perangkat.