Daftar 15 Aplikasi Android Yang Berbahaya, Apakah Itu?

0
112

Pakar keamanan Sophos telah mengungkapkan 15 aplikasi berbahaya yang dipasang oleh pengguna Android dan tablet. Sophos mengetahui bahwa aplikasi berbahaya masih tersedia di Google Play Store untuk diunduh.

Aplikasi berbahaya tersebut diketahui terinfeksi adware. Sophos mencatat bahwa 15 aplikasi Android yang terinfeksi telah diunduh lebih dari 1,3 juta kali.

“Setelah diinstal, ikon aplikasi yang terinfeksi adware tidak akan muncul di layar utama (home screen) untuk mempersulit pengguna menemukan mereka,” kata tim peneliti Sophos seperti dilansir The Express.

Beberapa aplikasi diketahui menyamar dalam sistem sehingga tidak dapat dilihat dan dihapus di ponsel.

Sophos mengimbau para pengguna Android untuk menghapus 15 aplikasi. Mengutip dari Techradar, lima belas aplikasi tersebut meliputi:

  1. Flash On Calls & Messages
  2. Read QR Code
  3. Imagine Magic
  4. Generate Elves
  5. Savexpense
  6. QR Artifact
  7. Find Your Phone: Whistle
  8. Scavenger — speed guard
  9. Auto Cut Out Pro
  10. Background Cut Out
  11. Photo Background
  12. ImageProcessing
  13. Background Cut Out New
  14. Auto Cut Out
  15. Auto Cut Out 2019

Misalnya, Flash On Calls & Messages, alih-alih digunakan oleh pengguna, diarahkan ke Google Maps di Play Store. Sementara aplikasi Flash On Calls & Messages masih tersembunyi dan berjalan di latar belakang perangkat anda.

Sophos mencatat bahwa ada berbagai mode yang dibuat oleh pengembang aplikasi. Salah satunya adalah dengan menampilkan pesan yang menyesatkan yang menyatakan bahwa aplikasi mereka tidak kompatibel dengan perangkat mereka, meskipun kenyataannya masih berjalan di latar belakang dan sering menampilkan iklan.

Namun, tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk menginfeksi ponsel dengan adware dan membawa iklan yang tidak diinginkan pengguna. Sophos merekomendasikan pengguna membaca ulasan sebelum menginstal aplikasi dari Google Play Store untuk menghindari tertangkap oleh tindakan yang salah dari pengembang aplikasi.

Baca Juga:  Pemprov Jakarta Luncurkan Aplikasi Layanan Warga Jakarta
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow