Buat Warga Cemas, SpaceX Menguji Prototipe Roket Mars ‘Starhopper’

0
138

SpaceX sedang mencoba meluncurkan prototipe roket pertama Mars, Selasa (27/8/2019). Uji peluncuran membuat masyarakat di sekitar lokasi peluncuran yang berlokasi di Texas, Amerika Serikat, gelisah, lapor theindia.

Prototipe roket SpaceX Mars, dijuluki “Starhopper”, perlahan-lahan meledak 152 meter dari landasan pacu di Brownsville, Texas, dan meluncur 198 meter ke timur ke jalur yang berdekatan.

Roket itu berhasil menyelesaikan tes ketinggian rendah dari mesin Raptor generasi berikutnya yang tampaknya berhasil.

Mesin Raptor dirancang untuk menggerakkan roket Musk yang akan datang, yang agak berat di udara. Dua tahap pendorong roket – lebih tinggi dari Patung Liberty – dapat digunakan kembali diharapkan memainkan peran kunci dalam tujuan Musk untuk menemukan ruang, termasuk misi untuk mencapai Mars.

Prototipe “Hopper”, menyerupai menara air chromium dengan empat kaki untuk pendaratan, sebenarnya dijadwalkan untuk uji luncur, Senin (26/8). Namun, Musk, pendiri dan kepala eksekutif SpaceX, mengatakan kepada Twitter bahwa masalah “cukup memalukan” terjadi dengan kabel mesin Raptor tunggal yang menghentikan hitungan mundur kurang dari satu detik sebelum diluncurkan.

Setidaknya puluhan orang yang tinggal di desa Boca Chica, sekitar 1,6 km dari lokasi tes, meminta pemerintah setempat untuk mengevakuasi rumah mereka sebagai tindakan pencegahan ketika sirene polisi terdengar menit sebelum peluncuran.

“Itu terlihat seperti kartun atau apa pun,” Cheryl Steven, seorang penduduk yang tinggal di dekat lokasi peluncuran, mengatakan kepada Reuters tak lama setelah peluncuran Starhopper.

“Setelah semua persiapan, aku sangat senang melihat peluncurannya.”

Pemberitahuan itu, yang diedarkan oleh para deputi sheriff tiga hari sebelumnya, memperingatkan kemungkinan “peristiwa tekanan berlebih” yang dapat merusak jendela jendela dan membahayakan siapa pun di dalam rumah saat terjadi ledakan.

Baca Juga:  Microsoft Matikan Windows 7 Mulai Hari Ini

Sementara itu, Maria Pointer, warga lain, menyiapkan kamera dan mengundang fotografer ke rumahnya. Dia mengungkapkan bahwa kegembiraan di sekitar peluncuran mengingatkannya pada “perasaan berada di atas roda Ferris”.

Penduduk lain mengeluh tentang kehadiran SpaceX di pantai Texas, frustrasi dengan penutupan jalan, dan pemberitahuan publik yang membingungkan. Ini mengkhawatirkan warga yang tidak terbiasa dengan tes penerbangan luar angkasa.

“Itu semacam pisau ganda”, kata warga Terry Heaton. Dia menambahkan bahwa akses ke pantai terdekat ditutup setiap kali SpaceX melakukan tes mesinnya.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow