Investor Asing Berebut Suntik Dana Ke Startup Lokal

0
68

166 perusahaan modal ventura domestik dan asing akan ‘berebut’ untuk menyuntikkan dana investasi mereka ke 104 startup nasional di acara Next Indonesia unicorn (Nexticorn) di Bali mulai 14-15 November 2019.

Nexticorn adalah yayasan independen yang menyelenggarakan acara reguler untuk menarik dan membawa startup potensial Indonesia ke investor atau modal ventura dari seluruh dunia.

Ketua Nexticorn Daniel Tumiwa mengatakan bahwa pada hari Rabu (13/11) hari ini, 882 pertemuan telah diadakan antara investor dan startup dalam dua hari acara.

“Sejauh ini, setidaknya 882 pertemuan telah dikonfirmasi. Jumlahnya bisa naik lagi,” kata Daniel di Jimbaran Hub, Bali, Rabu (13/11).

Sudah terkenal, perusahaan investasi tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga negara-negara Asia seperti Singapura, Korea, Jepang, dan Cina.

Sementara itu, sebagian besar startup masih dari sektor berbasis teknologi (financial technology / Fintech), yang mencapai 36 startup, 13 perusahaan e-commerce, dan 12 perusahaan otomotif.

Peringkat berikutnya adalah sektor pengembangan teknologi (emerging technology) dari delapan perusahaan, lima startup berdasarkan pada teknologi periklanan (teknologi periklanan / Adtech), serta masing-masing dari empat perusahaan tersebut. startup dari sektor game dan hiburan, serta sektor sumber daya manusia.

Sisanya, sektor pendidikan berbasis teknologi (Edutech), riset data, pasar, Internet of Things, pertanian, kesehatan, makanan dan minuman, gaya hidup, asuransi, produk dan mesin, ritel dan mode, keberlanjutan masyarakat, dan sektor perjalanan dan perjalanan.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro dan mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara.

The Nexticorn diadakan untuk pertama kalinya di Nusa Dua Bali pada Mei 2018. Acara dua hari ini mempertemukan 70 startup lokal dan 60 investor asing.

Baca Juga:  [Flash] Kaget! Ucapan Video Yang Membuat Anda Merasa Terkenal

Selain Jakarta, Jimbaran Hub akan terus menjadi hub untuk pertemuan antara investor dan startup di masa depan, karena dianggap strategis.