Inilah Manfaat Pohon Sengon, Pohon Yang Jadi Kambing Hitam Padamnya Listrik Di Jawa

0
59

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa pohon Sengon dapat tumbuh hingga 30 hingga 45 meter. Pohon sengon dikatakan sebagai sumber utama listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Peneliti botani di Pusat Penelitian Tanaman dan Konservasi Botani LIPI Destario Metusala, kata Sengon, yang memiliki nama ilmiah Paraserianthes falcataria, adalah tanaman kayu yang tumbuh paling cepat.

“Pohon sengon dapat tumbuh besar dengan tinggi total hingga 40 meter dan tinggi cabang bebas hingga 20 meter. Sedangkan diameter batangnya bisa mencapai 100 cm atau lebih, “Kata Destario, Selasa (6/8).

Destario menjelaskan bahwa Sengon tumbuh sangat cepat. Tercatat saat usianya lima tahun, Sengon bisa tumbuh empat meter setahun. Kemampuan tumbuh sengon menurun seiring bertambahnya usia.

“Sengon dapat mencapai tinggi pertumbuhan rata-rata empat meter per tahun dan kemudian menurun seiring bertambahnya usia tanaman. Pada usia delapan hingga sembilan tahun tinggi pertumbuhan rata-rata adalah sekitar 1 sampai 1,5 meter, “katanya.

Kayu sengon memiliki nilai ekonomi yang dapat digunakan untuk perabot rumah tangga, tiang-tiang bangunan, bubur kertas, dan kertas. Selain mendapatkan nilai ekonomi dan tumbuh cepat, Sengon juga memiliki potensi untuk tumbuh berkualitas di daerah yang kurang makmur.

“Sengon adalah tanaman industri. Ia tumbuh cepat dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. Sifat-sifat kayu dapat digunakan untuk panel kayu dan industri pengerjaan kayu,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa Sengon banyak dibudidayakan, terutama di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Indonesia, sengon tersebar di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, hingga Papua.

“Spesies ini memiliki distribusi alami di wilayah Maluku di pulau Papua, tetapi kemudian menyebar luas melalui budidaya di Sumatera, Jawa, Bali dan Flores. Bahkan, spesies ini telah diperkenalkan di negara lain seperti India, di benua Afrika, ”kata Destario.

Baca Juga:  Di Pasar Smart Speaker Dunia, Google Digeser Dari Pesaing China

Dihubungi secara terpisah, Penjabat Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Joeni Setijo Rahajoe mengatakan bahwa akar pohon sengon juga sangat kuat sehingga dapat ditanam di tepi area yang dapat dengan mudah dihilangkan. Dia mengatakan akar Sengon baik untuk ditanam di kolam.

“Akarnya bila dilihat dari perkembangan pohon-pohon tinggi yang sangat kuat, ada penelitian yang menyebutkan akarnya bisa lebih dari 2 meter,” kata Joeni.

Sebelumnya, kepala Biro Informasi Publik Divisi Hubungan Masyarakat Polisi, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, menjelaskan penyebab utama pemadaman listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah.

Dedi mengatakan beberapa pohon di sekitar PT PLN UPT Ungaran diduga menyebabkannya. Ketinggian pohon di sana melebihi 8,5 meter. Ini didasarkan pada pencarian oleh Kepolisian Daerah Jawa Tengah, dan mewawancarai empat petugas UPT.