Hati-hati Bila Terima SMS Berisi Link Chat-V

0
481

Mode serangan digital melalui SMS mekar lagi. Saat ini, SAFEnet telah menerima sejumlah laporan tentang kemungkinan serangan digital melalui SMS yang berisi beberapa tautan yang disebut “Chat-V”.

Berbagai keluhan diterima oleh organisasi yang membela hak pengguna internet telah diterima sejak Oktober 2019 lalu.

Faktanya, serangan digital Chat-V bergantung pada tautan yang dikirim oleh SMS dari nomor yang tidak dikenal. Tautan biasanya berasal dari domain “chat-v.com”, “michat.sg”, “vchat.im”, dan sebagainya.

Dengan demikian, untuk menipu pengguna, pelaku biasanya memberi selamat kepada korban atas nama aslinya diikuti oleh undangan yang menarik untuk menginstal aplikasi percakapan. Deskripsi dapat ditemukan pada gambar berikut.

Korban yang tertipu dapat mengklik tautan berbahaya, itu dapat menyebabkan rasa ingin tahu.

Jika tautan diklik, pengguna akan diarahkan ke app store untuk mengunduh aplikasi obrolan Mi Chat yang populer, yang terlihat mencurigakan. Jangan tertipu, karena itu hanya penutup.

Karena, tautan tersebut akan secara otomatis menginstal 5 aplikasi Android berbahaya (APK) yang dapat mengakses telepon pengguna, salah satunya adalah “base.apk”.

Menurut perusahaan keamanan Symantec, base.apk berbahaya dan dianggap sebagai jenis aplikasi AppRisk.Generisk (Android.Generisk).

Aplikasi jenis ini sebenarnya dapat menimbulkan risiko terhadap privasi, keamanan atau keselamatan perangkat Android yang digunakan, seperti yang kami kumpulkan dari SAFEnet, Rabu (29/1/2020).

Selain itu, aplikasi tersebut tampaknya menggunakan perintah sistem operasi Linux (OS). Perintah “su” biasanya digunakan untuk mengubah akses bagi pengguna ketiga untuk masuk atau masuk ke aplikasi.

Ini berarti bahwa perangkat dapat mencuri data pengguna yang disimpan di ponsel, karena pengguna lain diizinkan untuk mengakses ponsel.

Pengguna yang menerima SMS seperti Chat-V disarankan untuk tidak mempercayai berbagai tautan yang menyertai SMS, terutama dari nomor yang tidak dikenal.

Baca Juga:  BPPT Beberkan Rencana Penataan Ibukota Baru

Tetapi jika Anda telah mengkliknya, itu ada baiknya pengguna untuk membuat pengaturan ulang ponsel yang digunakan untuk menghindari potensi risiko kebocoran data.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow