Fenomena Langka ‘Black Moon’ Akan Tampil Minggu Ini

0
60

Fenomena bulan hitam terjadi pada 31 Juli atau 1 Agustus, tergantung pada lokasi global Anda, seperti dilansir Geek, Rabu (31/7/2019). Fenomena langka ini akan sulit dilacak karena bulan hampir tidak terlihat di malam hari.

Bulan hitam biasanya terjadi sekitar sekali setiap 32 bulan. Fenomena ini sangat umum dan kadang-kadang hanya terjadi di zona waktu tertentu, kata Space.com. Bulan hitam adalah bulan baru kedua dan juga merujuk pada satu bulan, tanpa bulan baru.

Bulan ini akan menjadi supermoon, yang berarti terlihat lebih besar dari sebelumnya. Secara teknis, Anda juga bisa menyebutnya ‘supermoon hitam langka’. Pengamat langit mungkin tidak bisa melihat bulan dengan jelas, karena bulan ini akan menemani langit malam

Kabarnya, bulan hitam ini memiliki jadwal berbeda di Belahan Bumi Barat dan Belahan Bumi Timur (Asia, Afrika, Australia, Eropa).

Jika Anda tinggal di Belahan Barat, bulan baru terjadi pada 31 Juli pukul 11:13 malam. EDT akan menjadi bulan hitam. Karena pengamat surgawi dari Belahan Bumi Timur harus menunggu, bulan baru ini dimulai setelah jam 12 pagi. pada tanggal 1 Agustus.

Pada 30 Agustus, bulan baru berikutnya akan terlihat di seluruh dunia, dengan pengecualian California, Washington dan negara-negara lain di sepanjang Pantai Barat AS. Ini akan terjadi tepat pada 29 Agustus (11:37 malam PDT).

Setiap wilayah global yang tidak melihat bulan hitam pada bulan Juli akan melihatnya pada 30 Agustus.

Baca Juga:  Game PUBG Mobile Akan Usung Tampilan 90 Dan 120 FPS