BMKG Prediksi Curah Hujan Masih Rendah Di Bulan Oktober

0
87

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa curah hujan pada Oktober 2019 di semua wilayah Indonesia akan berada dalam kategori rendah hingga sedang.

Kepala BMKG Perubahan Iklim Indra Gustari mengatakan kategori curah hujan adalah di wilayah utara. Daerah dengan potensi curah hujan adalah Aceh dan Sumatera Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi dan Papua.

“Potensi curah hujan untuk wilayah Lampung masih rendah Oktober ini. Itu tidak berarti bahwa tidak akan ada hujan, hanya saja intensitasnya masih rendah,” kata Indra kepada Media Diskusi Forum Kebebasan ke-9 (FMB) di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Pusat, Rabu (2/10).

Selain itu, Indra mengatakan bahwa BMKG memperkirakan bahwa dalam enam bulan ke depan, musim hujan akan berlangsung di Indonesia mulai bulan November.

Musim hujan 2019/2020 akan berlangsung dari Januari hingga Februari. Selama bulan Februari-Maret, curah hujan meningkat tetapi Sumatera bagian utara mulai berkurang.

“Pada bulan November beberapa bagian Jawa mulai turun hujan meskipun standarnya sedang. Desember hampir turun hujan. Sementara Januari hingga Februari adalah puncak musim monsun 2019-2020,” kata Indra.

Sebelumnya, Indra mengatakan tempat yang harus diwaspadai curah hujan tinggi adalah Papua, Sumatera Utara, dan Provinsi Aceh. Daerah ini harus dijaga untuk puncak musim hujan.

Dia mengatakan bahwa dalam menghadapi kondisi curah hujan yang ekstrim, perlu untuk menjaga daerah yang rentan terhadap bencana yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi terutama banjir dan tanah longsor.

Baca Juga:  Jutaan Orang Di Dunia 'Bersikeras' Pendaratan Yang Terjadi Pada Tahun 1969 Adalah Tipuan
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow