Alasan Kominfo Terapkan Aturan Blokir IMEI HP Ilegal

0
88

Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo) mengkonfirmasi bahwa pengujian Identitas Peralatan Bergerak Internasional atau aturan IMEI akan dilakukan pada 13-14 Februari 2020. Peraturan ini akan menghilangkan ponsel pasar gelap (ilegal) yang beredar di Indonesia.

Direktur Standardisasi dan Standardisasi Teknologi Informasi, Mochamad Hadiyana, melakukan tes ini untuk melihat kesiapan operator untuk mengoperasikan sistem kontrol perangkat seluler melalui IMEI.

“Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi dan operator akan membahas berbagai kasus penggunaan yang akan diuji dalam tes yang diadakan pada Kamis-Jumat pekan ini,” katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/11/2020).

Ini berarti tiga pihak yaitu Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo), Kementerian Perindustrian, dan operator seluler akan mengadakan forum untuk membahas lebih lanjut uji coba IMEI sebelum diadakan 13-14 Februari.

Hadiyana mengatakan bahwa setelah uji coba IMEI dua hari, partainya melambat sehingga hasil laporan uji coba dapat dibuat minggu depan.

“Pada hari Senin minggu depan, sebuah laporan tentang hasil tes dapat dibuat dan pada hari Selasa dapat disampaikan kepada Menteri Komunikasi dan Informasi,” kata Hadiyana.

Asal tahu saja rencana mengatur ponsel pasar gelap sudah dikandung sejak 2010 lalu. Aturan ini akan membuat ponsel pasar gelap hanya tersedia untuk foto setelah 18 April 2020.

Sebelum Direktur Jenderal Pos dan Sumber Daya Informasi dan Teknologi Informasi Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ismail mengatakan peraturan ini dirancang untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, sehingga masyarakat tidak akan dirugikan oleh barang yang tidak dapat diandalkan. kualitas.

“Semua barang ini didorong sesuai dengan kebijakan [pajak] Indonesia. Yang lain adalah untuk layanan publik dan juga untuk ponsel yang hilang atau dicuri,” kata Ismail dalam sebuah wawancara dengan CNBC Indonesia TV waktu lalu.

Baca Juga:  Fenomena Langka 'Black Moon' Akan Tampil Minggu Ini
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow