Hangatkan tubuhmu bersama Peuyeum Bandung, yuk rasakan keseruannya

0
150

Wartawan: Hilman Hilmansyah (MG-312) | Editor: Ronny Wicaksono

JualanBarang, BANDUNG – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar Peuyeum? Hmm, ya, makanan khas Bandung yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Peuyeum Bandung mengenal banyak penikmat baik dari dalam maupun luar kota Bandung.

Peuyeum merupakan olahan singkong yang difermentasi dan memiliki cita rasa yang khas.

Peuyeum-Bandung-b54ff1a6c0078aca7.jpgPeuyeum Bandung kaya akan nutrisi. (Foto: Instagram/@peuyeumpuwan)

Peuyeum bukan hanya salah satu jajanan khas Bandung, tapi juga dipercaya bisa menghangatkan badan. Apalagi Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Ragi sebagai bahan fermentasi yang memberikan efek hangat pada tubuh setelah makan peuyeum.

Peuyeum kaya vitamin

Selain rasanya yang legit dan menghangatkan tubuh, Peuyeum Bandung ini ternyata kaya akan manfaat lainnya. Proses fermentasi yang berlangsung dalam produksi peuyeum mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi vitamin B12.

Nah, vitamin tersebut diduga membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi penderita anemia.

Selain itu, manfaat fermentasi peuyeum juga termasuk cairan probiotik. Zat ini sangat efektif membunuh bakteri jahat di saluran pencernaan.

Selain itu, Peuyeum Bandung dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari racun.

Peuyeum Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berencana untuk menurunkan berat badan, Peuyeum Bandung juga sangat cocok untuk masuk dalam daftar makanan yang akan dikonsumsi. Makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat serta serat dapat menjaga organ pencernaan bekerja dengan baik.

Lalu bagaimana cerita asal mula peuyeum ini? Konon, peuyeum sebagai pengganti nasi yang masih langka pada zaman dahulu.

Singkong sebagai bahan dasar pembuatan peuyeum sudah dikenal masyarakat Bandung sejak zaman kolonial sebagai pengganti nasi yang pada saat itu sangat sulit didapat.

Baca Juga:  Ada promo All You Can Eat di Hodai Resto, 66 ribu Delicious Eats banyak banget

Kemudian asal mula keberadaan kuliner tradisional peuyeum di Bandung Kecamatan Cimenyan (Kabupaten Bandung).

Produksi singkong yang melimpah terkadang membuat beberapa yang belum dikonsumsi atau diolah menjadi busuk. Salah satu cara untuk mencegahnya dari pembusukan adalah dengan mengolah dan menyimpan singkong.

Peuyem sudah ada sejak 1800

Peuyeum-Bandung-c3133294b0415b964.jpgPeuyeum Bandung sering ditemukan sebagai oleh-oleh. (Foto: Instagram/@peuyeumpuwan)

Di Cimenyan, singkong diolah melalui proses fermentasi ragi. Dari hasil olahan tersebut dihasilkan kuliner yang dikenal dengan nama peuyeum. Proses pelestariannya sudah berlangsung cukup lama, sudah ada sejak tahun 1800-an.

Kualitas singkong yang diolah sedemikian rupa membuat Peuyeum Cimenyan dikenal dengan kelezatannya tidak hanya di kalangan penduduk setempat tetapi juga merambah ke Kota Bandung dan beberapa kota di Provinsi Jawa Barat.

Besarnya minat pembeli membuat industri Peuyeum semakin berkembang. Hingga tahun 1950-an, jumlah pengrajin peuyeum di kabupaten Cimenyan mencapai 200 orang.

Cara membuat Peuyeum

Bagaimana cara membuat peuyeum ini? Proses pembuatan Peuyeum cukup sederhana. Bahan yang dibutuhkan hanya singkong, air dan ragi. Proses pertama adalah mengupas kulit singkong lalu mencucinya hingga bersih.

Biasanya singkong untuk membuat peuyeum adalah singkong utuh yang dipotong hanya bagian atas dan bawahnya saja. Setelah semuanya bersih, singkong direndam sebentar lalu dimasukkan ke dalam 3 panci berisi air hingga mendidih dua kali hingga setengah matang.

Yang pertama direbus 1,5 jam, yang kedua 1 jam. Setelah mendidih, singkong ditiriskan dan ditaburi ragi.

Singkong yang sudah diberi ragi disusun dalam keranjang bambu yang dialasi daun pisang. Diamkan selama 2-3 hari hingga proses fermentasi selesai dan menghasilkan Peuyeum yang manis dan halus (namun tidak lembek).

Peuyeum untuk oleh-oleh

Baca Juga:  Tampil Lebih Modern, Grand Bromo Hotel Pacitan Tawarkan Staycation yang Nyaman

Peuyeum ini dulunya berjualan pedagang kaki lima di sekitar bandung, namun kini banyak juga gerobak atau ‘outlet’ yang menjajakan makanan khas bandung ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan pendatang baru yang datang atau datang ke Bandung jika ingin membawa oleh-oleh makanan yang menggugah selera ini.

Sampai saat ini, Peuyeum Bandung biasanya dikirim ke kota-kota lain seperti Garut, Cianjur dan lain-lain untuk diperdagangkan terutama sebagai oleh-oleh dan sebagai bahan utama pembuatan kuliner colenak (cocok celup).

Jadi, siapa yang belum pernah mencicipi Peuyeum Bandung? Jika belum, yuk masukkan makanan khas Bandung ini dalam daftar yang wajib dicoba. Saat memakannya, Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, tubuh terasa hangat dan kaya nutrisi. Semoga beruntung.

**)


Dapatkan update informasi JualanBarang Indonesia pilihan setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


bandung peuyeum oleh-oleh khas bandung peuyeum bandung Penerbit

JualanBarang adalah Toko Belanja Online dengan konsep One-stop Shopping.
Anda bisa membeli produk dan barang di sini secara mudah dan cepat tanpa harus daftar.

Sumber Link: Kunjungi website

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow