Telkomsel Catat Lonjakan Pemakaian Internet Selama 5 Bulan WFH Corona

0
20

Telkomsel mencatat peningkatan yang signifikan dalam lalu lintas penggunaan data internet dan peningkatan yang signifikan dalam pengguna selama pandemi virus corona Covid-19. Peningkatan ini dikutip oleh Telkomsel ketika pemerintah mulai memberlakukan pembatasan pada kegiatan dalam bentuk pekerjaan dan belajar dari rumah sejak pertengahan Maret.
Komunikasi Eksternal Perusahaan GM Aldin Hasyim mengatakan telah mencatat peningkatan lalu lintas komunikasi, terutama layanan broadband tertinggi yang mencapai 18 persen.

“Sejak para pemain publik dan industri telah mulai mengajukan banding dari Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan dari rumah, sejauh ini Telkomsel telah mencatat peningkatan lalu lintas komunikasi terutama yang tertinggi Layanan broadband mencapai 18 persen, “kata Aldin dalam sebuah pernyataan, Jumat (17/7).

Aldin mengatakan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan lalu lintas komunikasi berbasis broadband adalah sebagai berikut.

Pertama, pertumbuhan pengguna platform layanan e-learning sebesar 5.799 persen. Kedua pengguna platform layanan yang mendukung aplikasi layanan untuk rapat / rapat konferensi tumbuh 300 persen.

Ketiga, promosi komunikasi layanan pesan instan melalui WhatsApp, Line dan Telegram sebesar 33 persen. Keempat, lonjakan komunikasi lalu lintas dalam layanan game online sebesar 61 persen.

Terakhir, ada lonjakan 23 persen lalu lintas ke layanan streaming video seperti melalui YouTube dan MAXstream.

“Seiring dengan peningkatan lalu lintas, Telkomsel terus meningkatkan kapasitas dan ketersediaan jaringan broadband terkemuka, khususnya 4G, dalam menanggapi meningkatnya permintaan pelanggan untuk koneksi internet yang andal setiap saat,” kata Aldin.

Secara terpisah, Wakil Presiden Senior Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan juga menyebutkan peningkatan penggunaan aplikasi konferensi video seperti Zoom to CloudX. Namun, Dharma tidak mengungkapkan data tentang peningkatan penggunaan aplikasi.

“Penggunaan aplikasi konferensi video, termasuk CloudX juga sangat besar. Jadi kami berharap ini akan terus terjadi. Dengan meningkatnya penggunaan konferensi video yang terkait dengan kenyamanan untuk belajar dan bekerja, kami duga bahwa [penggunaan] akan lebih tinggi, “kata Dharma.

Baca Juga:  Banyak Kecurangan Jumlah View, YouTube Ubah Algoritma Penghitungan Video

Aldin mengatakan peningkatan kualitas jaringan dalam bentuk membangun BTS 4G baru, memperkuat jaringan di daerah perumahan, dan meningkatkan kapasitas gateway internet.

“Hingga saat ini kami telah melayani lebih dari 162,6 juta pelanggan dengan infrastruktur jaringan lebih dari 219.323 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen populasi Indonesia, hingga pulau-pulau terdepan dan perbatasan negara,” katanya. Aldin.

Layanan 4G LTE Telkomsel sendiri mencakup sebagian besar populasi. Pada akhir Maret 2020, total BTS on-air Telkomsel adalah 219.323 unit (+11,1 persen YoY), dengan 77,1 persen di antaranya menjadi BTS 3G / 4G.

Telkomsel telah meluncurkan kuota yang terjangkau untuk universitas

Selain itu, Telkomsel bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menghadirkan paket khusus, khususnya paket kuota internet dan kuota CloudX untuk dosen, pendidik, dan karyawan serta mahasiswa.

Paket data berisi nilai kuota hingga 50 GB dengan harga mulai dari Rp40.000 yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui menu akses (UMB) * 168 #.

Program Bantuan Kuota yang Terjangkau untuk universitas akan berjalan dari 17 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2021 dan menargetkan mencapai hampir 4.760 universitas di berbagai wilayah di negara ini.

Administrator perguruan tinggi yang ingin mendapat manfaat dari program Bantuan Kuota yang Terjangkau dapat mengakses informasi tambahan dan mengirimkan aplikasi melalui situs web Telkomsel.

Sebelumnya, Telkomsel juga berkolaborasi dengan Kementerian Agama untuk mempresentasikan program Bantuan Kuota Terjangkau untuk berbagai tingkat lembaga pendidikan Islam di seluruh Indonesia.

Bantuan sekarang tersedia di lebih dari 80 ribu madrasah taman kanak-kanak dan TK hingga tingkat sekolah menengah, 58 Sekolah Tinggi Agama Negeri dan sekitar 800 Hubungan Agama Islam Swasta di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Google Indonesia Luncurkan Aplikasi Lowongan Kerja
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow