Tarif Internet Turun, Google Bakal Hentikan Layanan WiFi Gratis Di Indonesia

0
55

Google berencana untuk menghentikan Fidelity nirkabel atau layanan WiFi gratis di Indonesia tahun depan. Salah satu alasannya adalah bahwa sebuah perusahaan dari Amerika Serikat (AS) memperkirakan bahwa harga paket data atau internet di negara tersebut telah turun.

Selain dari Indonesia, Google telah menangguhkan program WiFi gratis, alias Google Station di India. Perusahaan teknologi mencatat, tarif internet di negara itu mulai turun.

“Saya tidak tahu caranya di Indonesia, tetapi sepertinya harga data juga turun,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan Google Indonesia Jason Tedjasukmana di Jakarta, Selasa (18/2).

Dia mengatakan Google Station bertujuan untuk membantu penyedia layanan internet (ISP) mengembangkan koneksi yang lebih cepat. Terutama, program ini menargetkan negara-negara dengan koneksi internet terbatas seperti India, Indonesia dan Meksiko.

Selain tarif internet mulai turun, Google menilai pertumbuhan teknologi. Akibatnya, perusahaan berhenti menggunakan layanan WiFi gratis.

Google juga tidak memiliki program pengganti di Indonesia. Namun, ada beberapa produk yang bisa menjadi alternatif untuk Google Station seperti YouTube Go, Maps Go, atau Google Go.

Ukuran aplikasi ini relatif kecil. Konsumsi data kurang dari aplikasi biasa. Sebagian besar dari ini juga dapat diterapkan pada level entri telepon dengan RAM dalam kisaran satu hingga 1,5 gigabytes.

Google juga bekerja dengan beberapa vendor ponsel pintar (smartphone) untuk program Android Go. Kolaborasi ini mencakup sistem operasi Android (OS) ringan untuk ponsel dengan detail rendah.

“Sayangnya bagi kami, akses ke internet bisa dalam bentuk lain. Misalnya melalui produk, perangkat, dan aplikasi pada perangkat mereka,” kata Jason.

Stasiun Google telah beroperasi sejak 2017 di Indonesia. Google bekerja dengan ISP lokal seperti CBN (PT Cyberindo Aditama) dan FiberStar untuk menyediakan situs WiFi gratis.

Baca Juga:  Banyak Akun YouTube Diretas, Inilah Cara Peretas Menghancurkannya!

Perusahaan yang berbasis di AS ini mengelola kualitas koneksi WIFi menggunakan berbagai perangkat lunak. Mitranya CBN dan FiberStar menyediakan akses kabel dan internet.

Program seperti ini tersedia di banyak negara. Namun, Google berencana untuk menghentikan layanan WiFi gratis di India, Indonesia, Meksiko, Thailand dan Nigeria.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow