Kiat Untuk Membuat “Kata Sandi” Yang Aman Dari Pakar Security

0
51

Di era semua layanan online seperti sekarang ini, penggunaan kata sandi alih-alih kata kunci untuk masuk ke akun adalah hal biasa. Kata sandi itu penting. Jika diambil tanpa tindakan pencegahan, akun online dapat rusak dan peretas akan mengambil alih.

Apa kata sandi teraman? Etay Maor, Executive Security Adviser di IBM Security, mengungkapkan bahwa kata kunci berisi kombinasi huruf, angka, dan karakter yang kompleks meskipun kata-kata tersebut masih relatif mudah ditembus.

“Bahkan antara 8-10 karakter panjang dan sangat rumit, komputer masih bisa menebak dengan cepat,” kata Maor, seorang pakar keamanan yang mempelajari taktik kejahatan dunia maya di dark web.

Alih-alih kata kunci pendek yang berisi karakter aneh, Maor lebih suka membuat kata sandi dalam bentuk “passphrase” atau frasa sandi yang menggabungkan beberapa kata sekaligus dalam satu baris. Misalnya “Aku benar-benar ingin berlibur di Maladewa”. Agar lebih aman, gunakan kata-kata unik, bukan kutipan asal atau lirik lagu populer.

Gunakan spasi di antara kata-kata. Frasa sandi semacam itu, menurut Maor, membuat komputer lebih sulit untuk dipecahkan dengan teknik brute force yang dapat menguji hingga jutaan kata sandi per detik sampai ditemukan cocok. Meskipun pada akhirnya mungkin rusak, ia melanjutkan, waktu yang dibutuhkan akan terlalu lama untuk membuatnya tidak realistis.

Cara lain untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menghindari penggunaan kata sandi yang sama untuk aplikasi yang berbeda. Tujuannya tentu saja tidak semua akun online dapat diakses jika seorang hacker telah menebak kata sandi.

Untuk menyederhanakan ini, Maor menyarankan menggunakan Aplikasi Manajemen Password yang dapat secara otomatis mengisi akun online sambil menyediakan algoritma untuk membuat saran kata sandi yang aman.

Baca Juga:  Facebook Tutup Ratusan Akun Robot Palsu, Sebarkan Propaganda Arab Saudi