Imbas WFH dan PSBB, Internet di RI Hidup Terus Selama 24 Jam

0
8

Layanan Indihome dan First Media mencatat perubahan dalam pola konsumsi. Perubahan dalam pola konsumsi ini membuat penggunaan lalu lintas lebih mungkin untuk didistribusikan secara merata sepanjang hari ketika virus Covid-19 korona terdeteksi.

Sebelum kebijakan Work From Home (WFH) dan Corona Large Restrictions Social Restrictions (PSBB), puncak lalu lintas biasanya terjadi pada sore dan malam hari. Indihome juga mencatat peningkatan penggunaan internet pada malam hari sebesar 12 persen.

“Tidak hanya hari tetapi malam juga naik, hari naik 14 persen, malam naik 12 persen dari WFH kali ini. Menambahkan tambahan, 24 jam kehidupan berjalan,” kata Consumer Service Direktur, Telkom Indonesia, Siti Choiriana pada konferensi virtual dengan MarkPlus pada Selasa (21/4).

Tidak hanya itu, Indihome mencatat bahwa platform pendidikan digital tumbuh hampir 2900 persen pada saat mereka memasuki kepolisian. Layanan platform pendidikan digital Indihome, Studi Indihome mencatat peningkatan lalu lintas sebesar 2859 persen. Sementara platform pendidikan digital Ruangguru naik 400 persen.

Peningkatan hampir 3 ribu persen ini adalah tingkat pertumbuhan antara lalu lintas sebelum WFH (15 Februari hingga 15 Maret) dan lalu lintas setelah WFH (16 Maret hingga 14 April).

Platform pendidikan digital, pembatasan kegiatan di luar ruangan juga membuat penggunaan aplikasi konferensi video meningkat hampir 9000 persen.

Aplikasi konferensi video Indihome, UMeetMe naik 8900 persen, sementara penggunaan Zoom meningkat 3800 persen.

Siti juga mengatakan partainya secara keseluruhan mencatat peningkatan pendidikan digital sebesar 60 persen. Penggunaan komunikasi Indihome juga naik 35 persen. Di sisi lain, Siti mengatakan bahwa lalu lintas game meningkat 2 persen, sementara lalu lintas e-commerce naik 1 persen.

“Dalam berbagai situasi di Covid-19, semuanya dilakukan dengan konferensi video. Belajar dan bekerja dengan konferensi video. Bekerja dengan konferensi video, anak-anak sekolah menggunakan konferensi video, ceramah serta konferensi video. Ustad dan pastor menggunakan streaming, “kata Siti.

Baca Juga:  Android 10 Akan Dilengkapi Dengan Fitur Privasi Yang Lebih Aman?

Siti menjelaskan bahwa WFH tidak hanya meningkatkan WFH tetapi juga meningkatkan permintaan untuk kecepatan layanan atau tingkat layanan. Siti menjelaskan perlunya internet membuat pengguna menginginkan layanan yang cepat.

Siti mengatakan pengguna Indihome saat ini mencapai 7,2 juta rumah. Dengan asumsi ada lima orang di sebuah rumah, Siti mengatakan jumlah pengguna Indihome telah mencapai 36 juta.

“Tingkat layanan juga naik sangat tinggi. Jadi pemeliharaan biasanya tiga jam, sekarang mereka tidak menginginkannya. Saat ini menginstal layanan harian tidak lagi seperti yang diinginkan,” kata Siti.

Dihubungi secara terpisah, Deputi Tautan CMO PT Link Net Tbk, Santiwati Basuki mengatakan First Media mencatat perubahan pola konsumsi. Perubahan dalam pola konsumsi ini membuat penggunaan lalu lintas cenderung didistribusikan sepanjang hari.

“Dalam hal meningkatkan jumlah pelanggan baru dalam WFH saat ini, kami telah meningkatkan permintaan dengan rata-rata hampir 30 persen dibandingkan bulan-bulan sebelum WFH,” kata Santi.

Santi juga mengatakan First Media mengalami peningkatan lalu lintas selama 48 persen selama WFH dan PSBB.

“Salah satu peningkatan yang kami lihat adalah penggunaan data untuk Netflix mencapai peningkatan rata-rata 20 persen; dan kami percaya, ada juga peningkatan dalam penggunaan panggilan video atau aplikasi online. rapat, “kata Santi.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow