Efek Berbeda Dari Sabun Dan Hand Sanitizer Untuk Membunuh Kuman

0
104

Sabun dan hand sanitizer (pembersih tangan) keduanya digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman. Sabun membutuhkan air untuk dibilas, sedangkan hand sanitizer lebih sederhana karena hanya menggosok cairan.

Mana yang lebih efektif untuk membunuh kuman di tangan, sabun dan hand sanitizer?

Menurut dokter anak Kanya Fidzuno, mencuci tangan dengan sabun dan memandikannya dengan air lebih efektif dalam membunuh kuman daripada menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan).

“Rekomendasinya adalah menggunakan sabun dan bilas dengan air. Menggunakan sabun apa pun lebih efektif daripada hand sanitizer,” kata Kanya dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diadakan oleh Lifebouy di Jakarta, beberapa jam yang lalu.

Sabun dengan formulasi khusus untuk membunuh kuman jahat dan menjaga kuman baik akan lebih efektif.

Sabun kulit pada kulit dapat membunuh kuman. Sementara itu, menuangkan air dapat membuat limbah mikroba tetap bersih.

Mencuci tangan dengan sabun juga harus dilakukan dengan benar. Mulai dari telapak tangan, di belakang telapak tangan, di antara sela – sela jari, dan kuku.

Sementara itu, penggunaan pembersih tangan direkomendasikan dalam kondisi tertentu. Misalnya, hand sanitizer dengan formulasi khusus untuk rumah sakit dan ketika mereka tidak dapat menemukan air.

Baca Juga:  Cara Yang Benar Dalam Menyimpan Daging Kurban Idul Adha
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow