5 Cara Hentikan Kebiasaan Minum Kopi

0
95

Selain tidak ramah di dalam tas, minum kopi secara teratur juga tidak baik untuk kesehatan. Namun, banyak orang sering merasa sulit untuk melepaskan diri dari kecanduan kopi dari tidur, bekerja, hingga malam. Sulit untuk menghentikan kebiasaan minum kopi.

Tanpa ragu, kopi akan membantu Anda kembali dan berkonsentrasi pada pekerjaan yang Anda lakukan. Tidak hanya itu, kopi juga dipercaya membuat Anda lebih bersemangat dengan kandungan kafein di dalamnya.

Adakah cara untuk menghentikan kebiasaan minum kopi?

Kebiasaan minum yang berlebihan dapat meningkatkan risiko banyak penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah, membuat Anda gugup, dan sulit tidur.

Menurut rekomendasi dari Dietary Guidelines for Americans, jumlah maksimum asupan kafein adalah 400 mg atau 1-2 cangkir per hari. Jika Anda mengonsumsi lebih dari rekomendasi ini, Anda harus berhenti minum kopi sehingga penyakit kronis tidak berakhir.

Berikut cara menghentikan kebiasaan minum kopi, tentunya dengan cara yang sehat.

1. Berolahraga saat bangun tidur

Alih-alih membuang secangkir kopi ketika Anda bangun, Anda harus menggerakkan pikiran Anda melalui olahraga. Melakukan aktivitas fisik dapat mencegah perasaan stres dan meningkatkan mood.

Olahraga di pagi hari membuat tubuh melepaskan endorfin yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati.

Dikutip dari One Medical, sebuah studi dari University of Georgia menunjukkan bahwa olahraga intensitas rendah dengan berjalan kaki 20 menit di pagi hari dapat mengurangi kelelahan hingga 65 persen. Berolahraga di pagi hari juga akan membantu Anda merasa lebih waspada. Efek ini mirip dengan yang dihasilkan ketika minum kopi di pagi hari.

Pada hari Anda merasa mengantuk tetapi Anda masih harus bekerja, jangan tergoda untuk minum kopi. Pindahkan keinginan untuk minum kopi dengan gerakan atau obrolan ringan dengan rekan kerja di kantor, atau cuci muka. Ini akan membuat Anda lebih segar dan lebih fokus untuk bekerja.

Baca Juga:  Jakarta X Pesta Kecantikan, Dan Pesta Rias Wajah Digelar

2. Makan makanan yang seimbang

Konsumsilah makanan bergizi seimbang dengan protein, lemak, dan karbohidrat yang cukup. Asupan nutrisi yang seimbang membuat tubuh memiliki energi yang cukup dan juga mengurangi keinginan untuk minum kopi.

3. Minumlah air putih yang cukup

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Alasannya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan efek halus dehidrasi dapat membuat mood hari ini dan kemampuan kognitif menurun dan menyebabkan gejala sakit kepala. Efek dehidrasi ini juga dikatakan membuat orang minum kopi.

Jadi, minumlah air yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan tidak membutuhkan kopi.

4. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga dapat mengalihkan pikiran Anda dari minum kopi. Dengarkan musik yang menyenangkan di pagi hari atau saat bekerja. Mendengarkan musik dapat meningkatkan mood Anda sehingga Anda tidak perlu kopi untuk menenangkan pikiran Anda.

5. Temukan alternatif lain

Jika masih sulit untuk berhenti minum kopi, coba ganti kopi dengan minuman lain seperti teh atau susu. Teh juga mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi.

Ada sejumlah teh yang juga baik untuk diminum daripada kopi seperti teh hijau, teh lavender, dan teh chamomile.

Selain menerapkan langkah-langkah di atas, selalu tetapkan tujuan dan tekad untuk menghentikan kebiasaan minum kopi berlebih.

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow