Puluhan Ribu Ponsel Terinfeksi Virus Berkedok Aplikasi

0
115

Perusahaan antivirus Symantec telah mengungkap keberadaan virus dengan kedok aplikasi Android bernama Xhelper. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 45 ribu perangkat dalam enam bulan terakhir.

Malwarebytes Labs menemukan keberadaan virus ini pada Maret 2019 dan diyakini sebagai Trojan yang menginfeksi perangkat Android. Sebagian besar virus target ini ditargetkan oleh pengguna di India, Amerika Serikat, dan Rusia.

“Pada bulan lalu saja, ada rata-rata 131 perangkat yang terinfeksi setiap hari dan rata-rata 2.400 perangkat yang terus terinfeksi sepanjang bulan,” tulis tim peneliti.

MalwareBytes memperkirakan bahwa akan ada 33 ribu perangkat yang terpengaruh dalam dua bulan.

Tidak seperti kebanyakan virus, Xhelper dapat menyembunyikan diri dari pengguna. Bahkan jika pengguna tidak menginstal, Xhelper instal ulang sendiri dan dirancang untuk tetap tersembunyi dari sistem.

“Kami menemukan pengguna mengunggah tentang Xhelper di forum online yang mengeluh tentang iklan yang muncul secara acak. Selain itu, ini juga masalah bagaimana virus muncul bahkan ketika itu dihapus secara manual, “tim keamanan siber menulis seperti yang dilaporkan oleh blog resmi Symantec.

Symantec mengatakan masih menyelidiki misteri di balik penampilan Xhelper. Virus ini diduga keluar setelah pengguna mengunduhnya dari sumber yang tidak diketahui melalui sistem aplikasi yang terinfeksi malware.

Sementara itu, MalwareByte percaya virus ini menyebar melalui situs game teduh yang mengelabui pengguna untuk mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.

Selain terus berjalan di latar belakang, Xhelper menganalisis perilaku pengguna ponsel tanpa membawa ikon ke menu utama.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Baterai
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow