Pandemi Corona, Industri Smartphone Alami Penurunan Terburuk Dalam Sejarah

0
19

Pandemi korona atau COVID-19 mengguncang industri elektronik, terutama smartphone. Menurut pelacak industri Strategy Analytics, Jumat (20/3/2020), pengiriman smartphone mengalami penurunan historis karena gangguan pasokan dan permintaan.

Pengiriman smartphone global turun menjadi 61,8 juta pada Februari 2020, turun 38% dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Februari 2020 telah menyaksikan penurunan terbesar dalam sejarah pasar ponsel cerdas di seluruh dunia. Ini adalah masa yang ingin dilupakan oleh industri ponsel pintar,” kata Direktur Eksekutif Strategi Analisis Neil Mawston.

Mawston menambahkan bahwa pasokan dan permintaan ponsel cerdas telah jatuh di Cina dan di seluruh Asia, dan telah melambat di seluruh dunia.

“Beberapa pabrik Asia tidak dapat memproduksi smartphone, sementara banyak konsumen tidak ingin mengunjungi toko ritel dan membeli perangkat baru,” kata Strategy Analytics.

Meskipun ada tanda-tanda pemulihan sementara di Tiongkok, pengiriman smartphone global diperkirakan akan tetap lemah hingga Maret. “Ratusan juta konsumen kaya terkurung, tidak mampu atau tidak mau berbelanja untuk perangkat baru,” kata perusahaan itu.

“Industri smartphone harus bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk meningkatkan penjualan dalam beberapa minggu mendatang, seperti penjualan ritel online atau diskon besar untuk bundling produk-produk panas,” tambahnya.

Menurut data Worldometer pada Sabtu (21/3/2020) pukul 21:30, korona sejauh ini telah menginfeksi 185 negara dan wilayah, dengan total 275.953 kasus terinfeksi, dan kematian 11.399 kasus. Namun, jumlah yang dipulihkan adalah 91.912 kasus.

Baca Juga:  Smartphone Android Lebih Sulit Diretas Dibanding iPHone
Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow