Ini Produk Lifestyle Dengan Konsep Penjualan O2O Yang Ditawarkan Saturdays

0
50

Saturdays mungkin bukan satu-satunya startup yang menawarkan produk hidup di Indonesia. Namun, mereka berada dalam konsep langsung-ke-konsumen dengan menghilangkan pembeli dari menjual produk mereka.

Dengan Eyewear sebagai bisnis intinya hari ini, Saturdays.id menawarkan kacamata berkualitas dan harga terjangkau. Produksi lensa dan bingkai dilakukan sendiri, mulai dari desain, manufaktur, hingga pengiriman langsung ke konsumen.

Di bagian penjualan, Sabtu menggunakan konsep online-to-offline (O2O) melalui penjualan online dan toko ritel. Toko utama pertama dibuka pada Februari 2019 di Lotte Shopping Avenue. Toko ini termasuk dalam kedai kopi untuk memberikan sentuhan hidup.

Dalam DailySocial, CEO Saturdays Rama Suparta mengatakan, hari ini perbedaan dalam ritel online dan offline semakin tidak nyata karena industri ritel mulai fokus untuk memberi konsumen kenyamanan berbelanja.

Menurutnya, banyak perusahaan ritel tradisional telah melakukan penjualan online melalui situs web, pasar, dan media sosial. “Juga perusahaan ritel [online] sekarang memiliki saluran offline sehingga konsumen dapat menguji produk dan berkomunikasi secara langsung,” kata Rama.

Rama mengharapkan tahun ini bahwa akan ada lebih banyak outlet fisik di Indonesia yang akan tetap sama dengan konsep kehidupan.

Selain flagship, Saturdays sekarang berada di banyak mal di Jakarta. Ini juga termasuk 13 toko gaya hidup di Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Kolaborasi Fintech dan pengembangan aplikasi

Sabtu tahun ini telah menjadwalkan rencana untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya dan meningkatkan pengalaman berbelanja, baik di toko online maupun toko offline.

Dalam hal teknologi, Rama menyatakan bahwa pihaknya sedang membangun aplikasi mobile untuk penjualan produk kacamata Saturdaays. Dia juga tidak menyangkal kemungkinan diversifikasi produk lain yang terkait dengan kehidupan dan teknologi di masa depan.

Baca Juga:  Gojek Mulai Menguji Coba Fitur Berlangganan Untuk GoRide

Lebih penting lagi, hari ini sedang menjajaki kerja sama dengan banyak penyedia layanan fintech dan perusahaan teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja O2O yang lebih baik di masa depan.

“Teknologi adalah bagian integral dari bisnis kami.” Sejak awal, visi kami adalah menggabungkan desain, teknologi, dan back-to-back, “katanya.

Lihat pengembangan konsep ritel baru

Sebagai penyedia O2O, Saturdays tidak mengabaikan konsep ritel baru yang diprediksi akan menjadi pengembangan perdagangan di masa depan. Ritel baru itu sendiri diprakarsai oleh Alibaba yang menggabungkan teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Rama mengatakan bahwa konsep ini mungkin berguna untuk lebih memahami perilaku konsumen pembeli, bukan hanya tentang kenyamanan berbelanja yang lebih personal dan efisien. Menurutnya, konsep ritel baru telah diadopsi oleh banyak merek besar, seperti Amazon dan Nike.

Saat ini, ia mengakui masih melihat kemajuan teknologi, seperti augmented reality, pengujian mata online, dan chatbots. Teknologi ini nantinya dapat diimplementasikan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang terpadu dan mulus dengan pembeli Saturdays.